APLIKASI RAPORT DIGITAL (ARD)

    Dengan diberlakukannya Aplikasi Raport Digital ARD pada Madrasah baik bagi guru dan operator madrasah. Sehubungan dengan jhal tersebut Dirjen Pendis Kemenag telah resmi merilis panduan pengerjaan ARD madrasah. Panduan pengerjaan Aplikasi Raport Digital disusun menjadi dua jenis yaitu panduan untuk Guru dan panduan untuk Operator untuk masing - masing madrasah jenjang RA, MI, MTs, dan MA.

Dalam Surat Edaran Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Nomor 1594/DJ.I/DT.II.I/KS.00/10/2018 menyebutkan bahwa Aplikasi Raport Digital ARD Madrasah akan diberlakukan bagi madrasah negeri dan swasta di seluruh Indonesia, yang dimulai dari semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019.
Aplikasi Raport Digital ARD merupakan wujud implementasi dari Juknis Penilaian Hasil Belajar yang beberapa minggu lalu telah kami bahas. Juknis Penilaian Hasil Belajar ini terdiri dari  3 jenis juknis sesuai jenjangnya yaitu :

  • MI (SK Dirjen Pendis Nomor 5161 Tahun 2018), 
  • MTs (SK Dirjen Pendis Nomor 5162 Tahun 2018),
  • MA (SK Dirjen Pendis Nomor 3751 Tahun 2018).


Bapak ibu guru dan operator pada pembahasan kali ini kami akan membagikan kembali Panduan Pengerjaan Aplikasi Raport Digital ARD untuk Guru dan Operator sesuai masing - masing jenjang. Sebenarnyaa pada beberapa minggu yang lalu telah kami bagikan Panduan Pengerjaan Aplikasi Raport Digital ARD Madrasah. Namun tidak ada salahnya jika kami membagika ulang agar yang belum mengetahui informasi ARD madrasah juga ikut mengetahuinya.
langsung saja ikuti panduan tahapan-tahapan penggunaan Aplikasi Raport Digital (ARD) madrasah Semester Ganjil tahun 2018/2019 tingkat RA, MI, MTs dan MA.

Login Operator
User Name : NSM madrasah
Pasword.    : pengguna
Login Operator Guru

Sama seperti operator madrasah, pihak guru login menggunakan NIP di buat oleh operator yang sudah di tambahkan sebelumnya oleh operator madrasah pada menu guru, dan password menggunakan NPSN atau dibuat oleh operator sendiri madrasah tersebut berikut tampilan dibawah ini

LANGKAH PERTAMA

Langkah-langkah login operator guru
1. Masukan username menggunakan NIP yang sudah di daftarkan di akun operator madrasah
2. Kemudian masukan password menggunakan NPSN madrasah
3. Selanjutnya klik masuk atau tekan tombol enter
Tampilan Beranda


Menu ini memuat informasi tentang jumlah guru, jumlah siswa, jumlah rombel dan ektrakulikuler
Langkah 1 – Pengaturan Konfigurasi Bobot dan KKM
Menu ini berfungsi untuk mengatur pembobotan dalam pengambilan penilaian guru dalam kegiatan belajar mengajar baik kegiatan pengetahuan, keterampilan dan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), berikut tampilan halaman di bawah ini


Langkah-langkah mengatur Bobot dan KKM

1. Klik menu konfigurasi
2. Kemudian klik sub menu Bobot dan KKM
3. Klik tombol ubah pada mata pelajaran yang akan di atur pembobotan dan KKM, maka akan tampil halaman fom berikut ini


4. Isi bobot penilain pengetahuan
5. Kemudian isi bobot penilaian keterampilan
6. Selanjutnya isi Kriteria Ketuntasan Minimal
7. Jika pengaturan pembobotan sudah sesuai klik simpan

Lankgah 2 – Input Nilai Harian

Menu ini berfungsi untuk menginput nilai-nilai harian yang diambil dari ujian harian
Langkah-langkah input nilai harian siswa.


1. Klik menu input harian
2. Kemudian pilih rombel berdasarkan tingkatan yang akan di inputkan nilai harian
3. Jika rombel sudah tersedia klik tombol input nilai, maka akan tampil halaman berikut ini


4. Masukan nilai siswa berdasarkan nilai harian yang di raih
5. Jika sudah sesuai dan benar klik simpan
Langkah 3 – Input Nilai Akhir
Menu ini berfungsi untuk menginput nilai akhir siswa yang di ambil dari rata rata nilai harian, penilaian akhir semester, dan penilaian keterampilan. Berikut tampilan halaman di bawah ini.


Langkah langkah input nilai akhir
1. Klik menu input nilai akhir
2. Pilih rombel sesuai tingkatan dan peminatan
3. Kemudian klik tombol input nilai, maka akan tampil halaman berikut ini


4. Tampilan hasil nilai akhir, klik tombol input nilai


5. Pada menu inilah guru menginput nilai akhir siswa mulai dari Penilaian Akhir Semester
6. Penilaian deskripsinya
7. Penilaian keterampilan terdiri dari penilaian praktek, penilaian portofolio dan penilaian projek
8. Isi penilaian deskripsi siswa tersebut
9. Kemudia klik Simpan

Data Siswa berdsarkan Wali Kelas

Menu ini berfungsi untuk melihat data siswa siswa yang menjadi murid dari wali kelas tersebut, jika guru tidak menjadi wali kelas maka menu ini tidak ada, berikut tampilan halaman di bawah ini.

Langkah-langkah menampilkan daftar murid siswa wali kelas
1. Klik menu wali kelas
2. Kemudian klik sub menu Siswa
3. Berikut salah satu tampilan daftar siswa murid wali kelas
4. Tombol lihat nilai, untuk menampilkan hasil penilaian siswa
5. Tombol profil siswa berfungsi untuk menampilkan identitas siswa sekaligus merubah profil siswa jika sewaktu waktu ada yg di rubah
6. Tombol input catatan berfungsi untuk menambahkan catatan catatan penilaian terhadap siswa, kemudian untuk di tampilkan di halaman rapor siswa

Cetak Rapor
Menu ini salah satu menu paling utama untuk operator guru wali kelas, karena menu ini hanya terdapat pada operator guru dan wali kelas rombel, yang bertugas untuk mencetak rapor yang sebelumnya sudah di inputkan nilai-nilai oleh operator guru sesuai mata pelajaran masing-masing, berikut tampilan halaman di bawah ini.


Langkah-langkah cetak rapor
1. Klik menu wali kelas
2. Kemudian klik sub menu Rapor
3. Berikut tampilan siswa murid wali kelas, klik tombol cetak untuk mencetak rapor, berikut tampilan halaman di bawah ini


DEMIKIAN PANDUAN APLIKASI RAPORT DIGITAL INI, SEMOGA BERMANFAAT
SALAM EDUKASI!!!!!!!